4 Maret 2014 merupakan hari pertama memulai kuliah semester akhir buatku (semester 6), hari pertama dan jam pertama ketemu mata kuliah ‘Terapan Komputer Perbankan’ bisa dibilang matkul ini bermuatan softskill. Seminggu libur pas hari pertama masuk aku merasa senang karena matkul pertama softskill, dikelas dosennya memperkenalkan dirinya sebelum memulai belajar. Dosen matkul ini namanya Ibu Kartika Sari…lalu mulai ngasih tugasnya nih, dikira aku tugasnya seperti softskill semester sebelumnya dikasih materi dari dosen terus tinggal posting ke blog eh ternyata softskill semester ini beda dari yang lain kali ini harus membuat penelitian teknologi dunia perbankan yang terdiri dari bab 1, bab 2, bab 3, bab 4 dan gak ketinggalan daftar pustakanya juga. Pas tau tugasnya softskillnya seperti itu yang hampir sama kayak penulisan ilmiah heemm jadi berasa buat 2 PI aja nih.

Minggu ke 2 harus sudah mengumpulkan tema dari penelitian kita, aku mengambil tema ‘Tingkat Kepuasan Penggunaan Internet Banking Warga Komplek Perindustrian’. Pertemuan selanjutnya bulan April yang wajib mengumpulkan bab 1 dan dipresentasikan didepan kelas. Selang 2 minggu kita harus mengumpulkan bab 2. Pertemuan berikutnya sehabis UTS dengan mengumpulkan bab 3. Nah bab 3 ini bisa dibilang paling rumit daripada membuat bab yang lainnya. Kenapa paling rumit??? Karena kita harus membuat kuisioner sebanyak 30 responden.

Tanggal 24 Juni penelitian siap dikumpulkan, aku datang kekampus agak pagian untuk jilid dan ternyata tempat fotocopy sekitar kampus dipenuhi teman sekelasku untuk julid juga. Waktu menunjukan pukul 08.15, salah satu teman sekelasku (Aisyah) datang dan bilang “Jangan lupa dijilid ya sampai daftar pustaka sama kuisionernya juga itu buat lampiran ditunggu sama dosennya sampai jam 9”. Oke sambil nunggu antrian aku bukain staples kuisioner jadi pas giliran aku jilid bahannya udah siap.

 

Pukul 08.55 sesampai didepan ruangan ibunya di E52 yang sudah dipenuhi teman-teman sekelasku, aku lihat makalah teman-temanku pada tipis semua, cuma aku berempat (Ade, Asri,Silvia) yang tebal sampai halamannnya ratusan, ternyata kita salah tangkap apa yang diomongin Aisyah tadi seharusnya kuisioner yang buat lampiran itu yang asli aja bukan yang udah diisi sama semua responden tapi gak masalah lah lagian udah dijilid juga. Temanku yang baru aja keluar ruangan ibunya bilang “Kata ibunya dikumpulin jam 14.30, soalnya ibunya mau rapat”. Oke gak masalah nunggu buat ketemu dosennya diisi sama matkul selanjutnya aja yang emang dimajuin juga jamnya. Matkul tersebut selesai pukul 13.00 setelah keluar ruang kelas kita langsung makan siang dan sholat zuhur. Jam 14.30 kita balik ke depan ruang ibunya, nunggu antrian buat tatap muka langsung sama dosennya. Waktu terus berjalan….15.30…16.30…17.30…ya tepat 17.45(antrian terakhir) baru deh kita berempat kebagian buat ketemu sama dosennya yang tadinya maju berdua-dua, bertiga-tiga karena yang diluar sisa 4 termasuk aku langsung aja minta disatuin aja majunya lagian udah sangat amat cape nunggunya, 3 jam nunggu bukan waktu yang singkat hehehehehe.

 

Didepan meja dosennya…

Dosen: “Haduh dari pagi saya liat penulisannya sama semua”

Kita berempat yang udah cape nunggu daritadi cuma senyum aja.

Dosen: “Saya masih ngasih nilai C ya, teman kalian yang penulisannya sama dan udah maju juga dikasih C cuma ada 3 orang yang nilainya beda. Kalian bisa nebak siapa?

Kita berempat cuma menggeleng, dan bilang siapa aja bu?

Dosen: “kalian gak tau? Ya nanti cari sendiri aja ya. Kalian kalau mau nilai A/B kalian harus buat artikel dan gak boleh sama, harus kreatif, deadlinenya sampai minggu depan lalu diposting di blog kalian.

Kita berempat mengangguk-angguk aja dan paham apa yang diomongin sama dosennya.

 

Aku mau jelasin nih proses penelitian aku….

Tema penelitian aku ini temanya “Tingkat Kepuasan Menggunakan Internet Banking Warga Komplek Perindustrian”. Metode penelitian ini menggunakan teori TAM (Technology Acceptance Model) dikemukaan oleh Davis (1986). TAM banyak digunakan untuk memprediksi tingkat akseptasi pemakai dan pemakai yang berdasarkan presepsi terhadap kemudahan penggunaan teknologi informasi (Perceived Usefulness) dengan mempertimbangkan kemudahan dalam penggunaan teknologi informasi (Perceived Ease of Use).

Dalam penelitian ini diambil 30 responden, terdiri dari 12 orang pria dan 18 orang wanita. Digambarkan dalam grafik seperti berikut ini:

jnsklmn

Disimpulkan mayoritas pada responden penelitian ini adalah wanita.

Penelitian ini mengambil responden berdasarkan usia, digolongkan usia dari <20 tahun berjumlah 1 , 20-25 tahun berjumlah 9 dan 26-30 tahun berjumlah 20. Mayoritas pengguna internet banking pada penelitian ini usia 26-30 tahun.

usia

Penelitian ini mengambil responden berdasarkan pendidikan terakhir, digolongkan dari SMA atau sederajat berjumlah 5, Akademi atau sederajat berjumlah 13, S1 berjumlah 12. Mayoritas  responden ini disimpulkan paling banyak berpendidikan terakhir Akademi atau sederajat.

pendidikan

Penelitian ini mengambil responden berdasarkan pekerjaan, digolongkan dari Karyawan/pegawai berjumlah 12, Wiraswasta berjumlah 6, Pengajar berjumlah 5, Pelajar/Mahasiswa berjumlah 3, Tidak ada pengguna internet banking pada yang Tidak Bekerja, lainnya berjumlah 4. Mayoritas  responden ini disimpulkan paling banyak Karyawan/pegawai.

pekerjaan

Penelitian ini mengambil responden berdasarkan menggunakan perbankan yang digunakan, digolongkan dari perbakan yang digunakan.  BNI berjumlah 6, BCA berjumlah 10, BRI berjumlah 1, Mandiri berjumlah 11, Lainnya berjumlah 2. Mayoritas  responden ini disimpulkan paling banyak menggunakan internet banking dari perbankan Mandiri.

bank

Berikut diuraikan hasil tanggapan responden mengenai Internet banking dengan pendekatan TAM pada warga komplek perindustrian berdasarkan tiap indikator:

  1. Perceived Usefulness(PU)

pu

Keterangan:

SS : Sangat Setuju                  N : Netral                                TS : Tidak Setuju

S : Setuju                                 STS : Sangat Tidak Setuju

  1. Proses penyelesaian pembayaran lebih mudah

1

Dari butir kuisioner nomor 1 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 4, sangat setuju berjumlah 15 dan setuju berjumlah

2.Rasa aman dalam bertransaksi

2

Dari butir kuisioner nomor 2 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 1, sangat setuju berjumlah 13 dan setuju berjumlah 16.

3. Bermanfaat secara keseluruhan

3

Dari butir kuisioner nomor 2 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 1, sangat setuju berjumlah 13 dan setuju berjumlah 16.

4. Ketelitian proses pembayaran

4

Dari butir kuisioner nomor 4 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 2, sangat setuju berjumlah 10 dan setuju berjumlah

2. Perceived Ease of Use

peou

Keterangan:

SS : Sangat Setuju                  N : Netral                                TS : Tidak Setuju

S : Setuju                                 STS : Sangat Tidak Setuju

5. Mudah digunakan

5

Dari butir kuisioner nomor  5 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 2, sangat setuju berjumlah 12 dan setuju berjumlah 16.

6. Mudah dipelajari

6

Dari butir kuisioner nomor  6 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 2, sangat setuju berjumlah 15 dan setuju berjumlah 13.

7. Praktis

7

Dari butir kuisioner nomor  7 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 1, sangat setuju berjumlah 15 dan setuju berjumlah 14.

8.Fleksibel

8

Dari butir kuisioner nomor  8 didapat jumlah yang memilih netral berjumlah 3, sangat setuju berjumlah 18 dan setuju berjumlah 9.

Kesimpulan dari Penelitian ini mengambil konteks dalam bidang internet banking. Hasil penelitian ini juga dapat memberikan masukan bagi pihak manajemen bank juga bagi analis internet banking agar memperhatikan kembali faktor keuntungan persepsian, sikap, serta kontrol perilaku persepsian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking pada sistem perbankannya. Hal ini dikarenakan minat terhadap penggunaan internet banking dipengaruhi oleh keuntungan yang ditawarkan dari layanan, sikap positif dari nasabah terhadap layanan juga kontrol perilaku atau tersedianya sumber daya akan membentuk minat yang kuat terhadap layanan internet banking.

Sekian artikel yang aku dapat sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terima Kasih dan semoga bermanfaat.