Kata globalisasi berasal dari “global” dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, berarti secara keseluruhun. Globalisasi berarti suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak nampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata. Dalam keadaan global, tentu apa saja dapat masuk sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol. Terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, makna globalisasi memiliki dimensi luas dan kompleks yaitu bagaimana suatu negara yang memiliki batas-batas teritorial dan kedaulatan tidak akan berdaya untuk menepis penerobosan informasi, komunikasi dan transportasi yang dilakukan oleh masyarakat di luar perbatasan.

Globalisasi dalam arti literal adalah sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterkaitan di antara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.

kebijakan yang akan saya lakukan untuk memenangkan Globalisasi :
1. Meningkatkan perdagangan global.
2. Meningkatkan aliran modal internasional, diantaranya investasi langsung luar negeri.
3. Meningkatkan aliran data lintas batas, seperti penggunaan internet, satelit komunikasi dan telepon.
4. Memberikan desakan berbagai pihak untuk mengadili para penjahat perang di Mahkamah Kejahatan Internasional (International Criminal Court), dan adanya gerakan untuk menyerukan keadilan internasional.
5. Mengadakan pertukaran budaya (cultural exchange) internasional, misalnya melalui ekspor film-film Hollywood and Bollywood.
6. Meningkatkan perjalanan dan turisme lintas negara.
7. Mengembangkan infrastruktur telekomunikasi.
8. Mengambangkan sistem keuangan.
9. Meningkatkan aktivitas perekonomian dunia yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan multinasional.