Image

Image

1.      Pulau Rondo

Image

Pulau Rondo terletak di ujung barat laut Propinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD). Disini terdapat Titik dasar TD 177. Pulau ini adalah pulau terluar di sebelah barat wilayah Indonesia yang berbatasan dengan perairan India.

Lokasi Pulau       : Kabupaten Sabang, Nangroe Aceh Darussalam

Spesifikasi          : Tidak ada penduduk, penjaga mercusuar

Negara Tetangga : India

Kerawanan         : Illegal Fishing

2. Pulau Berhala

Image

Pulau Berhala terletak di perairan timur Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Di tempat ini terdapat Titik Dasar TD 184. Pulau ini menjadi sangat penting karena menjadi pulau terluar Indonesia di Selat Malaka, salah satu selat yang sangat ramai karena merupakan jalur pelayaran internasional.

Lokasi Pulau       : Kabupaten Serdang Begadai , Sumatera Utara

Spesifikasi           : Tidak ada penduduk, Luas kurang lebih 2,5 km persegi

Negara Tetangga : Malaysia

Kerawanan         : Illegal Fishing , Effective Occupation

3. Pulau Nipa

Image

Pulau Nipa adalah salah satu pulau yang berbatasan langsung dengan Singapura. Secara Administratif pulau ini masuk kedalam wilayah Kelurahan Pemping Kecamatan Belakang Padang Kota Batam Propinsi Kepulauan Riau. Pulau Nipa ini tiba tiba menjadi terkenal karena beredarnya isu mengenai hilangnya/ tenggelamnya pulau ini atau hilangnya titik dasar yang ada di pulau tersebut. Hal ini memicu anggapan bahwa luas wilayah Indonesia semakin sempit.
Pada kenyataanya, Pulau Nipa memang mengalami abrasi serius akibat penambangan pasir laut di sekitarnya. Pasir pasir ini kemudian dijual untuk reklamasi pantai Singapura. Kondisi pulau yang berada di Selat Philip serta berbatasan langsung dengan Singapura disebelah utaranya ini sangat rawan dan memprihatinkan.

Lokasi Pulau        : Kota Batam, Riau

Spesifikasi            : Tidak ada penduduk, Luas kurang lebih 60 hektare, 60% karang, 20% pasir

Negara Tetangga : Singapura

Kerawanan          : Tenggelam, Pelayaran Internasional

4. Pulau Sekatung

Image

Pulau ini merupakan pulau terluar Propinsi Kepulauan Riau di sebelah utara dan berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Di pulau ini terdapat Titik Dasar TD 030 yang menjadi Titik Dasar dalam pengukuran dan penetapan batas Indonesia dengan Vietnam.

Lokasi Pulau        : Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau

Spesifikasi            : Tidak ada penduduk, Luas kurang lebih 0,3 km persegi

Negara Tetangga : Vietnam

Kerawanan          : Illegal Fishing

5. Pulau Berakit

Image

Pulau Berakit atau Pulau Batu Berhanti adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura, dan merupakan wilayah dari pemerintah kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Sambu (pangkalan minyak Pertamina di pulau Batam) yang dapat dilihat dalam jalur perjalanan ferry dari pelabuhan Batam Centre menuju pelabuhan HarborFront di Singapura. Letak koordinat dari pulau Batu Berhanti adalah 1°11′6″LU,103°52′57″BT.

6. Pulau Wunga

Image

Pulau Wunga adalah salah satu dari 2 pulau terluar yang berada di wilayah provinsi Sumatera Utara. Luasnya adalah 9 km2 dan berbatasan dengan Laut Lepas. Posisi geografisnya adalah 01° 12′ 47″ S 97° 04′ 48″ T.

 7. Pulau Karimun Kecil

Image

Pulau Karimun Kecil (Pulau Anak Karimun), adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Malaka yang berbatasan dengan negara Malaysia, dan merupakan wilayah dari kabupaten Karimun, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di utara pulau Karimun dengan koordinat 1° 9′ 59″ LU, 103° 23′ 20″ BT, dan dalam peta wikimapia dapat dilihat pada lokasi ini. Pulau ini juga dapat dilihat dalam perjalanan ferry dari pelabuhan Tanjung Balai Karimun menuju pelabuhan HarborFront, Singapura.

8. Pulau Sentut

Image

Pulau ini berada di sebelah timur dari pulau Bintan dengan koordinat 1° 2′ 52? LU, 104° 49′ 50? BT yang terletak di titik koordinat 1 derejat, masuk Kecamatan Gunung Kijang desa Malang Rapat, Bintan. Akibat terjadinya abrasi dan banyaknya penambangan bauksit di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri mengakibatkan sejumlah pulau rawan tenggelam. Salah satunya pulau Sentut merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di perairan laut Cina Selatan atau perbatasan Indonesia dengan Malaysia.