Patrimonial Manajemen :

Umumnya terdapat pada perusahaan yang dimiliki oleh anggota keluarga sebagian bagian penting perusahaan dipegang oleh keluarga tersebut

Perusahaan yang menggunakan manajemen tipe ini adalah PT Gamya. Perusahan taksi bergerak pada bidang jasa dengan menyediakan banyak armada taksi yang tersedia. Selain itu ada PT Indah family, PT Express group dan lain lain

Political Manajemen:

  • Merupakan suatu bentuk berupa kedudukan penting dan pokok yang dipegang oleh orang orang yang mempunyai hubungan polotik dan dijalankan pada loyalitas terhadap partai.
  • Pertimbangan politik lebih diutamakan dan tujuan perusahaan diarahkan pada tujuan politik tertentu.

Perusahaan yang menggunakan manajemen tipe ini adalah PT Metro Tv Indonesia. Perusahaan ini di sebut political management karena pemilik metro tv adalah fraksi dari partai golkar yang notabene adalah menteri menteri dalam pemerintahan.

 Profesional manajemen:

  • Kedudukan strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang memberikan bukti atas kepercayaan.
  • Pemberian jabatan tidak dijalankan pada hubungan keluarga oleh parpol
  • Pemberian kedudukan diberikan kepada jasa dan hasil yang diberikan dalam mengembangkan organisasi.

Perusahaan yang menggunakan manajemen tipe ini adalah seperti PT PLN, PT Pertamina, PT Kereta api Indonesia dll. Ini di karenakan pemimpin mereka tidak lagi berhubungan dengan keluarga atau politik melainkan murni mempunyai kemampuan dan visi misi yang baik.